Thursday, June 14, 2012

Kota Warsawa Berselimutkan Eforia

WARSAWA, KOMPAS.com - Kota Warsawa, Polandia, dilanda eforia dan pesta pora warganya untuk melampiaskan kegembiraan atas sukses tim Polandia menahan Rusia 1-1 pada laga penyisihan Grup A Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Selasa (12/6) atau Rabu dini hari WIB. Warga setempat memadati jalan-jalan utama ibu kota Polandia itu dan larut dalam eforia kegembiraan.

Konsentrasi massa terpusat di kawasan zona suporter di kompleks Palace of Culture and Science, yang berdekatan dengan Stasiun Pusat Warsawa. Sepanjang laga berlangsung, trem dan bus kota yang melintasi jalan utama kawasan tersebut ditutup. Hal itu sebagai antisipasi atas berkumpulnya puluhan ribu atau bahkan menembus 100.000-an warga, seperti perkiraan semula.

Polska wigra! Polska wigra! Polska wigra (Polandia menang! Polandia menang! Polandia menang!), demikian antara lain sorak-sorai warga di kawasan itu, seperti koor massal. Mereka meledak dalam ekstase kegembiraan saat tendangan kaki kiri gelandang Jakub Blaszczykowski menjebol gawang Rusia, menit ke-57, yang menyamakan skor 1-1. Polandia kebobolan dulu melalui Alan Dzagoyev, menit ke-37.

Begitu gol Blaszczykowski tercipta, warga seisi kota Warsawa berteriak histeris dan meneriakkan yel-yel kejayaan Polandia. Mereka berjingkrak-jingkrak, berangkulan satu sama lain, melambaikan bendera atau syal putih-merah, sambil terus meneggak bir. Tanah di kawasan zona suporter itu seperti bergetar akibat jingkrak-jingkrak puluhan ribu warga.

Tidak sedikit sepasang muda-mudi melampiaskan kegembiraan dengan saling cium berkali-kali. Kaca salah satu halte dekat kawasan itu tampak pecah berantakan. Serpihan kacanya beramburan di jalanan. Bau bir dan alkohol menguar ke angkasa. Hasil seri itu terasa seperti kemenangan.

Dengan hasil tersebut, Polandia masih berpeluang lolos ke perempat final. Peluang itu mereka dapatkan jika pada laga penyisihan terakhir mereka mengalahkan Ceko , yang pada laga sebelumnya memukul Yunani 2-1 di Wroclaw. Rusia tetap memimpin klasemen Grup A dengan nilai empat, disusul Ceko (tiga poin), lalu Polandia (dua poin), dan Yunani (satu poin).  (Mh Samsul Hadi, dari Warsawa, Polandia)


View the original article here

No comments:

Post a Comment